11 Jul 2010

Jadi Penulis, Mungkinkah?

Aku ingin jadi penulis. Mungkinkah? Mengapa tiba-tiba aku ingin jadi penulis, padahal sebelumnya aku bercita-cita ingin jadi dokter? Tapi, tidak salah kan kalau aku ingin jadi keduanya? Tak ada larangan kan untuk menjadi dokter sekaligus penulis? Bagaimana ceritanya aku bisa menambah keinginanku dari jadi dokter kemudian menjadi penulis?

Semua berawal setelah aku membaca buku Bunga, Sang Penulis Cilik karya mbak Dini yang merupakan rangkaian dari serial buku Kecil Kecil Punya Karya yang diterbitkan oleh DAR! Mizan. Buku ini kubeli kemarin malam saat jalan-jalan ke Plaza Kutabumi bareng abi dan umi.

Semula aku pikir rencana jalan-jalan sore itu bakal gagal, soalnya sampai jam setengah lima kami belum siap sama sekali. Tapi, rupanya abi sengaja ingin berangkat agak sore, agar bisa menikmati pemandangan senja di danau atau situ Bulakan. Dari situ Bulakan, baru nanti jalan memutar dan mampir di Plaza Kutabumi.

Sampai di Plaza, kami langsung mencari mushola untuk sholat maghrib dulu. Ini adalah kali pertama kami ke sana, sehingga perlu dua kali abi bertanya dimana letak mushola, yang ternyata ada di lantai tiga, lantai paling atas.

Usai sholat, kami baru jalan-jalan mengelilingi plaza yang lebih mirip dengan pasar baju di Jati tapi bedanya beberapa penjual sengaja memasang bandrol sehingga calon pembeli bisa melihat harganya tanpa perlu banyak bertanya. Sore itu kami memang tidak berniat untuk belanja pakaian, kami sekedar jalan-jalan dan nantinya paling membeli kebutuhan dapur dan kamar mandi. 

Melihat pakaian yang dipajang dengan bandrol harga murah, abi dan umi tertarik pada salah satu baju warna coklat yang model dan ukurannya pas untukku. Semula aku tidak mau dibelikan baju itu, tapi malah abi sama umi yang ngotot membelikan untukku. Mengapa? Karena targetku adalah membeli buku bacaan baru. Tanpa setahu abi dan umi, aku sudah membawa uang tabunganku untuk membeli buku. Kalaupun nanti kurang, aku bisa minta abi atau umi. Dan, Alhamdulillah, akhirya aku menemukan beberapa buku dari serial Kecil Kecil Punya Karya. Dan setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya aku memilih buku Bunga, sang Penulis Cilik ini. Bagus, bagus sekali.

Mungkinkah aku bisa jadi penulis, seperti Bunga dalam buku yang ditulis mbak Dini? Ya Allah, ijinkan aku memiliki cita-cita lebih dari satu, dan berikan yang terbaik untukku, amin.

Gambar dipinjam dari Mizan

1 komentar: